Sabtu, 16 Juni 2012

Pemuda Aktor Perubahan (artkel)



Oleh: Renaldy Akbar


          Indonesia ternyata masih memiliki pemuda-pemudi yang luar biasa. Pemuda yang cepat tanggap akan masalah sosial. Pemuda yang peduli akan sesama . dan pemuda yang mau mengubah nasib bangsanya. Siapakah pemuda itu ? ia adalah kamu !
Kita , pemuda indonesia adalah tonggak masa depan bangsa. Akan seperti apa jadinya bangsa kita nanti tergantung dengan apa yang telah dilakukan oleh pemuda saat ini. Dan ternyata begitu banyak kontribusi nyata yang dilakukan pemuda untuk bangsa dan negaranya. Semangat perubahan mampu melawan rasa pesimis ataupun lelah. Mereka seperti tak memperdulikan dirinya sejenak. Atas dasar nasionalisme , segala bentuk ide dan tenaga dengan ikhlas ia sumbangkan untuk mereka yang membutuhkan. Sungguh pemuda yang tangguh!
Lalu, apa yang kita lakukan? Apakah hanya diam ? atau masih belum tahu cara melakukanya?

Mulai lah dari kemampuan mu

          Sekarang bukan saatnya lagi berbicara “apa yang harus saya lakukan untuk indonesia, melainkan apa kemampuan saya yang bisa saya lakukan untuk indonesia”Everybody’s unic. Setiap orang memiliki kemampuan tersendiri yang membuatnya unggul diantara yang lain. Dan gunakanlah kemampuan itu menjadi sebuah dasar untuk berkontribusi. Bukan masalah besar atau kecil yang kita kontribusikan. Tapi, bagaimana kita bisa konsisten terhadap apa yang kita kontribusikan. Contohnya, aku mampu berkomunikasi dengan baik. lantas, apa yang bisa aku lakukakan. Ya , itu adalah keunggulan mu. Lantas tunggu apa lagi, gunakan komunikasi yang baik mu untuk mengajak teman agar membuat sebuah pergerakan. Yakinkan teman mu agar bisa ikut merubah. Lakukan perubahan kecil mulai dari lingkunganmu. Misalnya, aku risih ketika melihat sampah berserakan dimana-mana, aku risih melihat pengemis, aku risih melihat anak jalanan yang bekerja belum pada waktunya. Nah, apa yang membuat kamu risih itu bisa kamu ubah dengan cara apapun yang kamu mampu. Dan niat yang tulus akan jalan dengan mulus. Pastikan kita bisa.
Saya percaya dan yakin bahwa masih banyak masyarakat yang peduli akan sesama tapi masih bingung untuk melakukanya. Dengan itu, kamu bisa menjadi pelopor akan itu.

Lantas , dimana pemerintah ?

          Apakah semua tergantung adanya pemerintah? Kalau kita mampu membantu siapapun mereka yang butuh bantuan lewat tangan kita sendiri, mengapa harus menunggu pemerintah?
Sadarilah, bukan hanya pemerintah yang wajib menanggung segudang masalah di indonesia. Semua rakyat indonesia berkewajiban untuk saling bahu-membahu. Merangkul sesama. Kita dilahirkan bukan untuk mensejahterakan , mententarmkan diri sendiri. Tapi juga untuk sesama.
Lihatlah indonesia yang menangis, mereka merunduk tak mampu menjalani hidup. Lihatlah NTT dengan angka kematian bayi tertinggi di dunia. Apakah kita masih terlupa atau sengaja lupa. Bagaimana rasanya menggendong bayi di sana . melihat tubuhnya yang kering kerontang , bibirnya pecah-pecah , matanya redup. Apa kita masih sanggup duduk tenang di bangku sekolah , kuliah atau tempat kerja kita tanpa ada gagasan sosial? Bisakah mereka menyanyikan lagu kemerdekaan indonesia sedang ia belum merdeka. Jika semua menjadi terbalik, kita rakyat kota yang jauh lebih layak dari mereka menjadi miskin dan rapuh kelaparan.  Sanggupkah kita? Sudahilah beroya-foya jika kita belum pantas berfoya-foya. Marilah rangkul mereka, dimana pun mereka , siapapun mereka , berapapun mereka  . intinya , kita peduli dan nyata menolong mereka. Jangan menunggu peran pemerintah. Jadikan kita lah sebagai aktor perubahan.

Optimis pemuda, optimis indonesia

          


          Buang jauh-jauh rasa pesimis. Dengan keadaan-keadaan yang bermunculan di media masa pikiran kita menjadi pesimis  bahwa indonesia memang sulit diperbaiki nasibnya. Tapi, sadarkah kita bahwa gagasan demi gagasan yang dimiliki para pemuda adalah sebuah harapan besar. Telah kita ketahui bahwa organisasi kepemudaan semakin banyak bermunculan. Dengan segala program-program baik dari bidang sosial,pendidikan,kebudayaan ataupun lingkungan. Ini menunjukan bahwa, pemuda adalah aktor perubahan yang sangat nyata. Karena program-programnya sangat memberikan pengaruh besar terhadap masalah sosial di indonesia.  Selain itu, organisasi kepemudaan juga dapat melatih kepedulian kita terhadap sesama. Pun dapat melatih demokrasi.

       Para pemuda membuat rasa optimis yang pudar mulai memancar kembali. Terobosan-terobosanya membuktikan indonesia bisa membaik ketika kita yang memulai, bukan hanya menunggu. jadilah orang yang melakukan perubahan bukan hanya meununtut perubahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar